Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

The Nusa Dua, Bali Saksi Keberhasilan High Level Forum on Multi Stakeholders Partnership (HLF MSP) 2024

The Nusa Dua, Bali  Saksi Keberhasilan High Level Forum on Multi Stakeholders Partnership (HLF MSP) 2024

Buletindewata.id, Badung - The Nusa Dua, Bali, menjadi saksi keberhasilan penyelenggaraan High Level Forum on Multi Stakeholders Partnership (HLF MSP) 2024 yang berlangsung dari tanggal 1 hingga 3 September 2024. Acara bergengsi ini diadakan di Bali International Convention Center (BICC), The Westin Resort Nusa Dua, yang terletak di kawasan pariwisata The Nusa Dua, Bali.

Forum HLF MSP 2024 ini merupakan platform strategis yang berhasil menarik sekitar 1.275 peserta dari 26 negara. Peserta tersebut terdiri dari 782 perwakilan pemerintah, 102 organisasi internasional, 107 organisasi non-pemerintah, 128 perwakilan sektor swasta, 8 filantropi, 9 lembaga think tank, 56 komunitas akademisi, 9 bank multilateral, dan 70 petugas keamanan. Forum ini membahas berbagai wawasan dan strategi terkait Kerjasama Selatan-Selatan dan Triangular (KSST), ekonomi berkelanjutan, serta pembangunan melalui pembiayaan inovatif. Dukungan dari 33 mitra pameran yang menghadirkan berbagai inovasi dan solusi global semakin memperkuat acara ini.

Dengan tema “Strengthening Multi-Stakeholders Partnership: Towards a Transformative Change”, forum ini fokus pada penguatan kemitraan inklusif dan inovatif dalam menghadapi tantangan global serta mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) pada tahun 2030. Tema ini sangat relevan mengingat pentingnya kolaborasi dalam mencapai perubahan transformatif di berbagai sektor.

General Manager The Nusa Dua, I Made Agus Dwiatmika, menyatakan, sangat bersyukur HLF MSP 2024 telah sukses terselenggara di BICC, salah satu convention terbesar di The Nusa Dua. Selain kesiapan venue, sembilan hotel di kawasan kami juga menjadi lokasi menginap beberapa tamu negara. "Kami mengapresiasi pemerintah dan penyelenggara yang mempercayakan The Nusa Dua sebagai lokasi forum internasional ini, berkat kesiapan infrastruktur, fasilitas, dan sistem pengamanan kawasan yang terintegrasi,” ujarnya, Selasa (3/9).


The Nusa Dua, Bali  Saksi Keberhasilan High Level Forum on Multi Stakeholders Partnership (HLF MSP) 2024


Untuk mendukung kelancaran HLF MSP 2024 dan IAF 2024, Central Parkir kawasan The Nusa Dua menjadi lokasi penempatan kendaraan listrik yang digunakan oleh kepala negara maupun para delegasi. Beberapa kendaraan listrik yang digunakan antara lain Toyota BZ4X sejumlah 100 unit, BMW 15 sejumlah 48 unit, Morris Garages (MG) sejumlah 50 unit, serta Wuling Cloud 42 unit. Penggunaan kendaraan listrik ini tidak hanya mendukung kelancaran acara, tetapi juga menunjukkan komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan.

“Penyelenggaraan HLF MSP di The Nusa Dua diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan perekonomian Bali. Kami berharap okupansi hotel tetap terjaga pada periode low season ini dan suksesnya forum ini semakin mengukuhkan The Nusa Dua sebagai destinasi MICE unggulan di Indonesia,” imbuh Made Agus.

Selain itu, forum ini juga menjadi ajang untuk memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dengan negara-negara peserta lainnya. Kolaborasi yang terjalin diharapkan dapat mempercepat pencapaian TPB/SDGs 2030 dan menjadi modalitas utama bagi Indonesia dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045. Dengan adanya perubahan transformatif yang berlandaskan kemitraan multipihak, diharapkan kesenjangan pembangunan antar negara dapat dipersempit.

HLF MSP 2024 juga menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk menunjukkan kapabilitas layanan telekomunikasi yang mampu memberikan pengalaman digital terbaik di kancah internasional. Telkomsel, sebagai salah satu penyedia layanan telekomunikasi terkemuka, memastikan kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi terbaik selama berlangsungnya forum ini. Jaringan broadband 5G dan 4G dioptimalkan di seluruh venue utama dan pendukung acara, sehingga seluruh delegasi dapat menikmati pengalaman komunikasi yang lancar.

Dengan berbagai inisiatif yang dihadirkan, HLF MSP 2024 diharapkan dapat berjalan dengan sukses dan memberikan dampak positif bagi hubungan bilateral antara Indonesia dengan negara-negara di Afrika dan Global South lainnya. Acara ini juga merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk menunjukkan kapabilitas layanan telekomunikasi yang mampu memberikan pengalaman digital terbaik di kancah internasional, yang pada akhirnya memperkuat citra positif Indonesia di mata dunia.

Secara keseluruhan, HLF MSP 2024 di The Nusa Dua, Bali, tidak hanya menjadi ajang diskusi dan kolaborasi, tetapi juga menjadi momentum penting bagi Indonesia dalam memperkuat kemitraan global dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Dengan dukungan infrastruktur yang memadai, fasilitas yang lengkap, dan sistem pengamanan yang terintegrasi, The Nusa Dua siap menjadi tuan rumah berbagai acara internasional di masa depan. (bud)


Posting Komentar untuk "The Nusa Dua, Bali Saksi Keberhasilan High Level Forum on Multi Stakeholders Partnership (HLF MSP) 2024"