Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Antisipasi Kemacetan Lalu Lintas Selama Bali International Airshow 2024

Antisipasi Kemacetan Lalu Lintas Selama Bali International Airshow 2024


Buletindewata.id, Badung - Bali International Airshow 2024 akan digelar pada 18 hingga 21 September di General Aviation Terminal, South Apron, Jl. Bypass Ngurah Rai. Acara ini diperkirakan akan menarik sekitar 6.000 pengunjung, yang berpotensi menyebabkan kemacetan lalu lintas di sekitar lokasi pameran. 

Mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas saat berlangsungnya perhelatan Bali Internasional Airshow, Polda Bali menyiapkan rekayasa lalin. Karo Ops Polda Bali, Kombes Pol. Soelistijono menerangkan, terdapat 4 rute yang akan diamanakan pihaknya. Pertama, rute dari loading dock bandara hingga ke bundaran Tahura. Kedua, rute tol bali mandara. Ketiga, rute dari simpang flores 2 hingga ke kawasan ITDC dan keempat, rute Jalan Toyaning sampai Jalan Taman Sari, Tuban.

"Apabila dalam pengawalan tersebut, lalin menuju terminal domestik dan internasional terkunci akibat kepadatan kendaraan/ maka lalin yang melingkar dari bundaran Tahura Ngurah Rai dari arah Utara dan Selatan diarahkan melalui Under Pass, sedangkan lalin keluar bundaran diperlancar menuju simpang Dewa Ruci, atau menuju Tol Bali Mandara. Untuk arus lalin menuju pintu General Aviation Terminal (GAT) Bandara Ngurah Rai, akan dilakukan buka tutup arus antara dari simpang benoa square dan simpang kelan, serta trafik light di batas Timur," ujarnya.


Antisipasi Kemacetan Lalu Lintas Selama Bali International Airshow 2024


Dalam pengamanan Bali International Airshow, Polda Bali siap menerjukan sekitar 451 personel yang tediri dari beberapa satuan tugas. " Yang kita perkuat dalam pengamanan di pengawalan dan rute itu sejumlah 225 personel," imbuh Soelistijono.

 Untuk mengurangi kemacetan, penyelenggara sangat menganjurkan semua pengunjung pameran udara ini untuk menggunakan opsi transportasi umum. Beberapa opsi yang disarankan termasuk bus antar-jemput dan layanan pemesanan kendaraan lainnya. Penggunaan transportasi umum tidak hanya membantu mengurangi kemacetan, tetapi juga lebih ramah lingkungan dan efisien.


Antisipasi Kemacetan Lalu Lintas Selama Bali International Airshow 2024


Jadwal dan Layanan Shuttle Bus Selama Bali International Airshow 2024

Untuk mempermudah arus lalu lintas, penyelenggara menyediakan layanan Shuttle Bus Pulang-Pergi yang beroperasi setiap 15-30 menit selama acara berlangsung. Dengan harga tiket sebesar Rp100.000 (sebelum pajak) yang dapat dibeli melalui Loket.com, bus-bus ini akan mengantar dan menjemput pengunjung umum dan bisnis (trade visitors) menuju lokasi di General Aviation Terminal dari dan ke tiga lokasi halte yang telah ditentukan mulai pukul 08.00 WITA hingga 19:00 WITA.


Jadwal Detail Shuttle Bus:

1. Mal Bali Galeria (MBG)

   - Jarak 4.6 km (Sekitar 15-30 menit)

   - MBG ke lokasi pameran : Mulai pukul 08:00 WITA, bus terakhir pukul 16:00 WITA

   - Lokasi pameran ke MBG : Mulai pukul 10:00 WITA, bus terakhir pukul 19:00 WITA


2. Beachwalk Shopping Center (BWK)

   - Jarak: 6.5 km (Sekitar 30-45 menit)

   - BWK ke lokasi pameran : Mulai pukul 08:00, bus terakhir pukul 16:00

   - Lokasi pameran ke BWK : Mulai pukul 10:00 WITA, bus terakhir pukul 19:00 WITA


3. Bali Collection Nusa Dua (BCND)

   - Jarak: 11 km (Sekitar 30-45 menit)

   - BCND ke lokasi pameran : Mulai pukul 08:00 WITA, bus terakhir pukul 16:00 WITA

   - Lokasi pameran ke BCND : Mulai pukul 10:00 WITA, bus terakhir pukul 19:00 WITA


Lokasi pameran tidak menyediakan tempat parkir, kecuali untuk kendaraan khusus yang memiliki label parkir tertentu. Oleh karena itu, pengunjung disarankan untuk memarkir kendaraannya di titik-titik penjemputan bus yang telah ditentukan. Parkir di gedung utama bandara disediakan bagi pengunjung yang hendak memarkir kendaraannya di sekitar area pameran, namun tidak ada akses langsung menuju ke lokasi pameran dari dalam bandara. Taksi (konvensional dan online) serta kendaraan pribadi hanya diperbolehkan untuk menurunkan dan menaikkan penumpang di lokasi yang telah ditentukan.

Pameran pesawat dalam Bali International Airshow 2024, akan menempati area seluas 78.000 meter persegi, dengan display pesawat statis di area seluas 70.000 meter persegi dan ruang pameran di atas area seluas 8.000 meter persegi. Dengan luas area yang signifikan ini, pengunjung akan disuguhi berbagai pameran menarik dan inovatif dari industri penerbangan.

Penyelenggara Bali International Airshow 2024 mengupayakan keselamatan dan kenyamanan seluruh pihak sebagai prioritas utama. Kami menghargai dan mengharapkan kerja sama untuk kelangsungan dan kesuksesan acara ini. Dengan persiapan yang matang dan kerja sama dari semua pihak, diharapkan acara ini dapat berlangsung dengan lancar dan sukses. (blt)

Posting Komentar untuk "Antisipasi Kemacetan Lalu Lintas Selama Bali International Airshow 2024"