Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pekan Budaya dan Kreativitas Daerah Kabupaten Badung 2024

Pekan Budaya dan Kreativitas Daerah Kabupaten Badung 2024


Buletindewata.id, Badung
- Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Kebudayaan bekerjasama dengan para seniman yang tergabung dalam Majelis Pertimbangan dan Pembinaan Kebudayaan (Listibiya) Badung, menggelar pekan budaya dan kreativitas daerah Kabupaten Badung. Kegiatan ini dibuka langsung Sekda Badung, I Wayan Adi Arnawa, di Wabtilan DPRD Badung, Senin (12/8), 

Pekan budaya yang pertama diadakan ini mengangkat tema "Tat Sat Prabawa Lango", yang mencerminkan tatwa dan satua yang merupakan spirit yang memgalir menciptakan Prabawa Lango yang mempesona, menjadikan setiap karya sebagai pancaran keindaham yang abadi. Sejumlah kreativitas daerah Badung ditampilkan dengan meriah saat pembukaan kegiatan. 

Sekda Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa, dalam kesempatan ini menyampaikan, sebagaian besar pendapatan Kabupaten Badung hingga saat ini masih mengandalkan sektor pariwisata berbasis budaya. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Badung berkomitmen terus menjaga eksistensi, dan melestarikan seni yang ada di Badung. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan seniman - seniman muda yang handal dengan kreativitas hasil karyannya. 

"Kami harapkan melalui pekan budaya dan kreativitas daerah Badung ini dapat menjadi media dalam mencari seniman yang berbakat. Juga sebagai salah satu media promosi pariwisata yang berbasis adat dan budaya (cultural tourism) yang menjadi salah satu andalan pada sektor kepariwisataan yang perlu dikembangkan secara berkelanjutan (sustainable tourism)," harap Adi Arnawa.


Pekan Budaya dan Kreativitas Daerah Kabupaten Badung 2024


Selain ruang indor di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Sekda Adi Arnawa pun kedepan akan mengupayakan adanya ruang outdor yang representatif bagi para seniman untuk berkreativitas, menampilkan karya yang lebih baik.

Pekan budaya dan kreativitas daerah Kabupaten Badung yang berlangsung mulai 12 Agustus 2024, menyuguhkan berbagai kreativitas seni, meliputi kegiatan lomba barong buntut, lomba foto, workshop dan lomba wayang kulit, workshop barong ket, lomba barong landung, lomba lagu pop, dan berakhir dengan babak final lomba lagu pop Bali, pada 29 Agustus 2024, bertempat di wantilan DPRD Kabupaten Badung.

Pembukaan perdana dari pekan budaya dan kreativitas daerah Kabupaten Badung 2024, turut dihadiri Kadis Kebudayaan diwakili Kabid Kesenian Sandra Widari, Ketua Listibiya Badung I Gusti Ngurah Artawan, beserta jajaran Listibiya Badung. (rls).

Posting Komentar untuk "Pekan Budaya dan Kreativitas Daerah Kabupaten Badung 2024"