Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menggali Potensi Perkebunan Teh Pertama di Bali, UMKM 'BREW ME TEA' dan Petani Lokal Kenalkan Teh Artisan Berkualitas di Tokopedia dan ShopTokopedia

Menggali Potensi Perkebunan Teh Pertama di Bali, UMKM 'BREW ME TEA' dan Petani Lokal Kenalkan Teh Artisan Berkualitas di Tokopedia dan ShopTokopedia


Buletindewata.id, Tabanan - Sektor pertanian menjadi salah satu fokus utama pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Menurut data dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada kuartal III tahun 2023, sektor pertanian tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 1,46% (y-o-y) dan berkontribusi sebesar 13,57% ke PDB nasional. Di sisi lain, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa produksi teh nasional pada tahun 2022 mencapai 136.800 ton.

Director of Communication Tokopedia and TikTok E-commerce, Nuraini Razak, menyatakan, melihat besarnya potensi produksi teh di Indonesia, Tokopedia dan ShopTokopedia menggencarkan deretan inisiatif untuk memberikan panggung lebih bagi para produsen maupun penjual teh untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Di antaranya melalui inisiatif Beli Lokal dan Tokopedia NYAM!. "Kedua inisiatif ini juga mempermudah masyarakat menjangkau berbagai produk kebutuhan, sekaligus mendorong pemerataan ekonomi secara digital," ujarnya.

Dalam membantu pelaku usaha meningkatkan daya saing bisnis, Tokopedia dan ShopTokopedia pun rajin berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, termasuk pemerintah:

1. Kelas Maju Digital dan Kelas Perempuan Maju Digital

Tokopedia dan ShopTokopedia bekerja sama dengan pemerintah untuk melatih pelaku UMKM, termasuk perempuan, dalam berbisnis online, salah satunya literasi keuangan dalam mengelola usaha. Sejumlah kelas pelatihan sudah diadakan sejak tahun 2022, dan berhasil mengedukasi lebih dari 20.000 UMKM lokal di 73 wilayah.

2. Pusat Edukasi Seller dan Shop Academy

Halaman edukasi berbisnis online yang bisa diakses siapa pun, kapan pun, dan di mana pun. Di halaman ini, sudah ada ratusan modul edukasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelaku usaha dari berbagai skala.

3. ShopTokopedia: Host Academy Bali

ShopTokopedia bekerja sama dengan pemerintah provinsi Bali mengadakan pelatihan bagi 100 UMKM seputar host live shopping.

4. UMKM Onboarding Program Tokopedia dan ShopTokopedia bersama Bank Indonesia

Pelatihan onboarding yang digelar Tokopedia dan ShopTokopedia kepada UMKM binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Bali. Lewat program ini, UMKM pemula diedukasi terkait pemanfaatan platform online Tokopedia dan ShopTokopedia beserta fitur-fitur yang bisa menunjang jualan.

5. Pemberdayaan Petani Kopi

Tokopedia dan ShopTokopedia berkolaborasi dengan Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI) dan Pemerintah Kabupaten Lahat untuk memberi pelatihan bagi 1.000 petani lokal kopi di Kabupaten Lahat. Harapannya, program ini bisa terus berkembang ke lebih banyak daerah di Indonesia.

Dari berbagai inisiatif yang digencarkan Tokopedia dan ShopTokopedia untuk membantu UMKM lokal, turut ikut mendorong tren belanja online, baik secara nasional maupun secara khusus di Bali. "Kampanye Beli Lokal di Tokopedia mendorong kategori produk Makanan dan Minuman menjadi salah satu kategori produk yang paling laris selama enam bulan terakhir secara nasional, dengan kenaikan penjualan yang mencapai hampir 2 kali lipat," terang Nuraini.

Kampanye Beli Lokal yang diinisiasi oleh Tokopedia dan ShopTokopedia telah berhasil menjangkau berbagai daerah di Indonesia. Hal ini terlihat dari beberapa daerah dengan jumlah transaksi paling tinggi lewat kampanye Beli Lokal di Tokopedia, antara lain seluruh Pulau Jawa, Bali, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, dan Lampung. Menurut Nuraini Razak, Director of Communication Tokopedia and TikTok E-commerce, kampanye ini telah memberikan dampak positif yang signifikan terhadap UMKM di berbagai daerah.

Tokopedia mencatat dampak positif dari kampanye Beli Lokal terhadap UMKM di Bali. Penjualan brand lokal Bali meningkat hampir 1,5 kali lipat selama kampanye berlangsung. "Kampanye Beli Lokal telah membantu UMKM Bali untuk lebih dikenal dan meningkatkan penjualan mereka secara signifikan," ujar Nuraini.

Di sisi lain, di ShopTokopedia yang dapat ditemukan dalam aplikasi TikTok, beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Beli Lokal secara nasional adalah produk kecantikan, perawatan tubuh, makanan dan minuman, perabotan rumah tangga, dan perlengkapan dapur. Produk-produk ini mengalami rata-rata kenaikan lebih dari 3 kali lipat pada periode yang sama.

Kampanye Beli Lokal terbukti mendongkrak penjualan para pelaku usaha, khususnya brand lokal di ShopTokopedia. Penjualan brand lokal meningkat hampir 2,5 kali lipat selama kampanye berlangsung. Sedangkan brand lokal di Bali mencatat kenaikan penjualan hampir 5 kali lipat berkat kampanye Beli Lokal di ShopTokopedia. "Kampanye ini benar-benar membantu brand lokal untuk tumbuh dan berkembang," tambah Nuraini.

Selain itu, di ShopTokopedia, tercatat daerah yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi lewat kampanye Beli Lokal adalah Sumatra Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Bali. Daerah-daerah ini mengalami rata-rata kenaikan hingga lebih dari 2,5 kali lipat.

"ShopTokopedia mencatat kampanye Beli Lokal mendorong penjualan beberapa kategori produk, khususnya di Bali. Misalnya, kategori Makanan dan Minuman mengalami lonjakan penjualan lebih dari 7 kali lipat selama enam bulan pertama kampanye Beli Lokal berlangsung," ucap Nuraini.

BREW ME TEA, atau dikenal juga sebagai BREW ME FIND BLEND, adalah salah satu produk teh artisan berkualitas tinggi yang diproduksi di Bali. Produk ini dikemas dengan desain unik yang mencerminkan teh premium dan kekinian. BREW ME TEA merupakan produk teh artisan original dari Pulau Dewata, dengan produksi teh kering dari tanaman teh yang dibudidayakan secara massal di daeerah Tabanan, Bali. BREW ME TEA memiliki perkebunan teh yang dibudidayakan secara organik maupun non-organik, termasuk teh hitam, teh hijau, teh oolong, white peony, silver needle, dan matcha tea.

BREW ME TEA melibatkan puluhan petani teh lokal di Bali dalam seluruh proses produksi, mulai dari penanaman hingga pemetikan. Hal ini tidak hanya memastikan kualitas teh yang tinggi, tetapi juga memberdayakan petani lokal dan mendukung perekonomian daerah. (lit)

Posting Komentar untuk "Menggali Potensi Perkebunan Teh Pertama di Bali, UMKM 'BREW ME TEA' dan Petani Lokal Kenalkan Teh Artisan Berkualitas di Tokopedia dan ShopTokopedia"