Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indonesia Bertutur (INTUR) 2024 di The Nusa Dua Bali, Perkuat Warisan Budaya & Kearifan Lokal

Indonesia Bertutur (INTUR) 2024 di The Nusa Dua Bali, Perkuat Warisan Budaya & Kearifan Lokal

Kegiatan Indonesia Bertutur (INTUR) 2024 di kawasan The Nusa Dua, yang berlangsung mulai 14 -18 Agustus 2024.


Buletindewata.id, Badung - Mega festival Indonesia Bertutur (INTUR) 2024 merupakan hasil dari bentuk aksi kolektif antara Kemendikbudristek dengan berbagai pemangku kepentingan, serta kolaborasi dengan ratusan seniman lintas disiplin lewat proses pengkaryaan.

Pemanfaatan ragam budaya dan teknologi yang ditampilkan pada INTUR di Bali,  mengajak masyarakat Indonesia dapat mengetahui relevansi antara masa lalu dengan masa kini, dan dapat berperan menjaga kebudayaan dapat terus menjadi sumber kehidupan di masa depan.

Direktur Utama ITDC Ari Respati menyampaikan, pihaknya menyambut baik kehadiran Indonesia Bertutur 2024 di Peninsula Island, The Nusa Dua. "Kami berharap acara ini tidak hanya memperkaya pemahaman tentang budaya Indonesia bagi wisatawan dan pengunjung di kawasan The Nusa Dua, tetapi juga memberikan dampak positif bagi komunitas seni lokal dan industri pariwisata Bali, sekaligus memeriahkan HUT ke-79 RI.” tuturnya.

Selama 12 hari pelaksanaan, INTUR terbuka gratis untuk umum di 8 venue yang tersebar di Bali. Pada tanggal 7 Agustus 2024, Maha Wasundari Seremoni dan Pertunjukan Pembukaan digelar di Lapangan Chandra Muka Batu bulan. Sementara rangkaian program di Ubud dimulai pada tanggal 8 sampai 18 Agustus 2024 di 5 venue, yaitu Neka Art Museum, Museum Puri Lukisan, ARMA Museum and Resort, Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma, serta TONYRAKA Art Gallery. 

INTUR akan menyuguhkan berbagai kuliner yang menampilkan ragam bumbu dan cita rasa masakan nusantara. Pengunjung dapat menikmati berbagai hidangan khas Indonesia sambil menjelajah beragam kerajinan seni karya pengrajin nusantara. Festival INTUR akan dibuka setiap hari dari pukul. 10.00 sampai 22.00 WITA. 

Pastikan sudah melakukan registrasi di website rasmi Indonesia Bertutur 2024 dengan memindai kode QR dan mengisi data diri untuk dapat memasuki area festival di Pulau Peninsula. Para pengunjung dapat membawa botol minum/ tumbler dan meemukan titik-titik isi ulang air mineral yang tersebar di area festival INTUR, dan hindari membuang sampah tidak pada tempatnya.

Rangkaian kegiatan INTUR di kawasan The Nusa Dua, yang berlangsung mulai 14 hingga 18 Agustus 2024, akan mewarnai semarak HUT ke-79 RI di Pulau Peninsula. Tema Subak menjadi panduan dan inspirasi bagi rangkaian kegiatan yang mencakup seni pertunjukan, seni rupa, film, hingga seni media. 

ITDC sebagai pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua, mendukung penuh gelaran INTUR  2024 dan berkomitmen guna memastikan festival berlangsung sukses, dan memberikan pengalaman berkesan bagi semua pihak. 

Mega festival INTUR diharapkan dapat menarik perhatian wisatawan, serta memberikan dampak positif bagi industri pariwisata Bali, dan memperkuat posisi The Nusa Dua sebagai salah sebuah destinasi utama bagi penyelenggaraan event budaya dan pariwisata berskala nasional maupun internasional. (blt)


Posting Komentar untuk "Indonesia Bertutur (INTUR) 2024 di The Nusa Dua Bali, Perkuat Warisan Budaya & Kearifan Lokal"