Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pecalang Desa Adat Ikut Amankan Shalat Idul Fitri di Kota Denpasar Bali

Pecalang Desa Adat Ikut Amankan Shalat Idul Fitri di Kota Denpasar Bali


Buletindewata.id, Denpasar - Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah di Kota Denpasar, dipusatkan di sejumlah lokasi di Kota Denpasar, salah satunya di Lapangan Umum Lumintang. Berdasarkan pantauan, ribuan umat Muslim di Kota Denpasar, tampak mulai mendatangi lapangan untuk melaksanakan shalat Id, pada Rabu 10 April 2024, yang dimulai sekitar pukul 07.20 Wita. 

Shalat Id, berlangsung dengan penuh toleransi. Hal tersebut dikarenakan para petugas keamanan atau Pecalang Desa Adat Banjar Lumintang, turut membantu pengamanan di sekitar lokasi ibadah.

Dengan menggunakan pakaian adat, sebanyak 15 orang Pecalang, dengan sigap membantu umat Muslim yang akan melangsungkan shalat Id, termasuk membantu mengatur lalu lintas bersama aparat kepolisian.

Ketua Pecalang Banjar Adat Lumintang, Ketut sudarya mengatakan, keterlibatan Pecalang bertujuan untuk menjaga keharmonisan, dan pelaksanaan shalat Id berjalan lancar. "Jadi setiap tahun sekali Pecalang disini ikut tolerasi mengamankan shalat Id agar berlangsung lancar," ujarnya.

Shalat Id di Lapangan Lumintang diikuti kurang lebih sebanyak 5.000 hingga 6.000 orang, yang diimami oleh Abdurahman S. Ag., dan  H Arifin, selaku Khatib. Tema ‘Pesan Persaudaraan di Hari Lebaran’ menjadi fokus utama khotbah, yang menekankan pentingnya umat untuk terus mempererat tali persaudaraan, dan rasa kekeluargaan di tengah masyarakat. 

Pesan persaudaraan yang disampaikan melalui khotbah ini menjadi pengingat agar umat Muslim senantiasa mampu menjaga keharmonisan, dan rasa cinta kasih di tengah masyarakat. (gus)



Posting Komentar untuk "Pecalang Desa Adat Ikut Amankan Shalat Idul Fitri di Kota Denpasar Bali"